PELATIHAN MANAJERIAL UNTUK PROGRAM SISTERING COE

PELATIHAN MANAJERIAL UNTUK PROGRAM SISTERING COE

PELATIHAN MANAJERIAL UNTUK PROGRAM SISTERING COE Latar Belakang

Sebagai salah satu ULP Percontohan yang terpilih sebagai mentor Pusat Unggulan Pengadaan (CoE) dan Procurement Champion, Direktorat Logistik ITB ditunjuk menjadi Pusat Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Nasional.

Melalui UPT-PMO yang telah terakreditasi sebagai Lembaga Pelaksana Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa LKPP, Direktorat Logistik ITB mendukung peningkatan peran dan fungsi PBJ melalui peningkatan profesionalisme dan pengembangan kompetensi SDM PBJ.

Berdasarkan peran aktif ADW Consulting dalam program modernisasi pengadaan sebelumnya, maka ITB melibatkan ADW Consulting dalam pelaksanaan program pelatihan manajerial.

Program pelatihan ini juga mendukung keberlanjutan program modernisasi pengadaan melalui sistering program ULP ITB dengan ULP lainnya sebagai upaya mendukung pencapaian ULP menjadi CoE.

Program ini juga dimaksudkan sebagai bagian dari kerjasama ADW-ITB dalam program pengembangan ITB menajdi pusat pelatihan pengadaan barang/jasa nasional.

Tujuan Memberikan pembekalan kompetensi SDM PBJ dalam rangka transformasi fungsi dan peran ULP sebagai CoE Memberikan pembekalan pelaksanaan sistering pada 13 Main Sister Menyusun modul pelatihan manajerial pengadaan barang/jasa berdasarkan kerangka kerja kompetensi CoE program modernisasi pengadaan MCAI Melaksanakan program pelatihan yang berkesinambungan termasuk melakukan pengawasan dan evaluasi pasca pelatihan Konsep CoE – Karakteristik CoE (SKOPPer) S – Strategis: Mewujudkan fungsi pengadaan yang memainkan peran penting dalam pencapaian tujuan organisasi melalui perencanaan dan eksekusi anggaran serta pengelolaan sumber daya yang efektif K – Kolaboratif: Membangun kolaborasi dan sinergi di antara pemangku kepentingan untuk kinerja fungsi pengadaan yang optimal O – Orientasi Kinerja: Membangun budaya berbasis kinerja dalam fungsi pengadaan untuk meningkatkan nilai tambah di 4 area (waktu proses, biaya, kualitas dan tingkat layanan pengadaan) P – Proaktif: Menciptakan pergeseran paradigma dalam rantai pengadaan barang dan jasa yang berorientasi pada pelanggan Per – Perbaikan Berkelanjutan: Secara berkelanjutan meningkatkan kapabilitas organisasi pengadaan sebagai organisasi pembelajar dengan mengadopsi praktik terbaik pengadaan

Se-Koper (a briefcase): Menggambarkan wadah berisi berbagai alat bantu (paradigma, pengetahuan, kemampuan, dan lainnya) yang merupakan enabler dalam penciptaan nilai tambah dan manfaat dalam kegiatan pengadaan barang/jasa di Indonesia

Kerangka Bangun Model Pembentukan CoE

Metodologi

Metodologi yang digunakan dalam pengembangan program pelatihan mengacu pada 6 fokus kajian CoE. Fokus kajian CoE ini dipetakan ke dalam sasaran kompetensi yang harus dicapai oleh peserta pelatihan setelah mengikuti program pelatihan. Hasil dari pemetaan tersebut terangkum dalam 5 modul pelatihan manajerial.

Informasi Jadwal Pelatihan

Informasi detil untuk setiap modul pelatihan dapat dilihat di menu event GreatProcurement.com

Download Brosur Pelatihan