Get Adobe Flash player
Bimtek Bali
Pelatihan Sertifikasi
EnglishIndonesian
Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia

Gedung LKPP Lantai 3
Jl. Epicentrum Tengah Lot. 11 B
Kuningan Jakarta Selatan

email:
[email protected]
[email protected]

LKPP Sosialisasikan Kode Etik Ahli Pengadaan

SEMARANG- Untuk mewujudkan tenaga pengadaan barang/jasa pemerintah yang professional, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah sosialisasikan kode etik ahli pengadaan barang/jasa di Semarang (18/7).

“Setiap ahli pengadaan harus mengetahui dan memahami kode etik, memegang teguh dan konsisten dan menjalankannya”,kata Agus Prabowo, Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP saat membuka acara sosialisasi di hadapan tenaga pengadaan baik di  tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Agus menambahkan, persiapan dan konsep regulasi terkait jabatan fungsional telah memasuki tahapan finalisasi, diharapkan lewat regulasi tersebut tenaga ahli pengadaan dapat lebih professional dan lebih dihargai dengan adanya insentif yang layak. “Sudah di meja Menpan-RB dan akan  selesai sebelum akhir tahun nanti” ungkap Agus.

Menurut Bambang Harianto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah, karena besarnya anggaran APBN dan APBD yang digunakan untuk pengadaan barang/jasa pemeritnah sekitar 40% setiap tahunnya, pengadaan barang/jasa harus dilaksanakan oleh tenaga yang kompeten dan profesional. Diharapkan melalui jabatan fungsional yang ada, aparatur Negara dapat mengembangkan keahlian masing-masing dengan lebih maksimal.

Suasana Persidangan

Dalam kesempatan yang sama, Bambang juga meminta kepada LKPP agar dalam membuat kebijakan turut memikirkan pengawalan dan perlindungan terhadap tenaga pengadaan yang bekerja di tim pengadaan.   ”Kami memohon kepada bapak untuk memulai suatu perlindungan bagi fungsional pelaksana pengadaan barang jasa di masing-masing institusi, karena banyak kesalahan yang terjadi tidaklah disengaja “, ujar Bambang.

Dalam acara ini total ada 6 materi yang akan disosialisasikan, tiga diantaranya seperti materi pertama yang menjelaskan seputar konsep pembentukan dan kewajiban pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP). Kedua tentang jabatan fungsionak ahli pengadaan dan ketiga tentang standard kompetensi khusus ahli pengadan yang dibawakan oleh Willem Siahaya praktisi ahli dalam bidang pengadaan. (gih)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Manajemen Kontrak
Pelatihan Jakarta
Informasi Inhouse Training PBJP IAPI
Bagi para Ahli Pengadaan yang ingin informasi lebih lanjut mengenai Inhouse Training dapat langsung menghubungi ke kantor sekretariat IAPI atau hubungi : Nisa 081283292213 Adi 085725041555